SKRIPSI
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KONSEP
STRUKTUR
TUMBUHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ARIAS
PADA SISWA KELAS IV SD INPRES BORONGPA’LA’LA
KECAMATAN PATTALLASSANG
KABUPATEN GOWA
Oleh
NURHAYATI
10540 0664 07
Diajukan Untuk
Memenuhi Salah Satu Persyaratan Dalam Menyusun Skripsi Jurusan SI Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(FKIP)
JURUSAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR (PGSD
S1)
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH MAKASSAR
2012
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL.............................................................................................. i
HALAMAN
PENGESAHAN................................................................................ ii
SURAT
PERNYATAAN....................................................................................... iii
SURAT
PERJANJIAN........................................................................................... iv
PERSETUJUAN
PEMBIMBING.......................................................................... v
KATA
PENGANTAR............................................................................................ vi
MOTTO................................................................................................................... ix
ABSTRAK.............................................................................................................. x
DAFTAR
ISI........................................................................................................... xi
DAFTAR
GAMBAR.............................................................................................. xiii
DAFTAR
TABEL................................................................................................... xiv
DAFTAR
GRAFIK................................................................................................. xv
DAFTAR
LAMPIRAN........................................................................................... xvi
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ................................................................................. 1
B. Rumusan
Masalah ........................................................................... 5
C. Identifikasi
Masalah.......................................................................... 5
D. Pemecahan
Masalah.......................................................................... 5
E. Tujuan
Penelitian............................................................................... 6
F. Manfaat Hasil
Penelitian................................................................... 6
BAB II KAJIAN PUSTAKA,
KERANGKA PIKIR DAN HIPOTESIS
A. Kajian
Pustaka .................................................................................. 8
1. Konsep Struktur
Tumbuhan.......................................................... 8
2. Hakekat dan
Tujuan Pembelajaran IPA........................................ 20
3. Model
Pembelajaran ARIAS........................................................ 24
4. Belajar dan
Hasil Belajar............................................................... 35
5. Belajar dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhinya...................
B. Kerangka
Pikir…………………………………………………........ 39
C. Hipotesis Tindakan............................................................................. 41
BAB III METODE PENELITIAN
A. Jenis
Penelitian……………………………………………………. 42
B. Tempat Dan Subjek
Penelitian ……………………………………. 42
C. Faktor Yang
Diteliti ……………………………………………….. 42
D. Prosedur
Penelitian……………..…………………………………. 43
E. Teknik
Pengumpulan Data……………………………………...… 48
F. Teknik Analisis
Data........................................................................ 49
G. Indikator
Keberhasilan..................................................................... 50
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian................................................................................. 51
B. Pembahasan Hasil
Penelitian............................................................ 64
C. Penerima Hipotesa............................................................................ 71
D. Indikator Keberhasilan..................................................................... 71
BAB V PENUTUP
A. Kesimpulan ...................................................................................... 72
B. Saran ....................................................................................... 73
|
Gambar Halaman
Gambar 1 Bagian-bagian Akar ................................................................................ 8
Gambar 2 Akar Serabut ......................................................................................... 9
Gambar 3 Akar Tunggang........................................................................................ 10
Gambar 4 Batang Berkayu....................................................................................... 12
Gambar 5 Batang Rumput....................................................................................... 13
Gambar 6 Batang Basah.......................................................................................... 13
Gambar 7 Daun........................................................................................................ 15
Gambar 8 Bagian-bagian Bunga.............................................................................. 17
Gambar 9 Buah dan Biji.......................................................................................... 19
Gambar
2.1 Bagan Kerangka Pikir.......................................................................... 40
Gambar
3.1 Desain Penelitian Siklus I dan II.......................................................... 48
DAFTAR TABEL
Tabel Halaman
Tabel 3.1 Standar
Kategori Perolehan Nilai Siswa.................................................. 50
Tabel 4.1 Statistik
Hasil Tes Siswa Pada Tes Awal................................................. 51
Tabel
4.2 Distribusi Frekuensi dan Presentase Hasil Belajar Tes
Awal................... 52
Tebel 4.3 Frekuensi Dan Persentase Ketuntasan
Belajar Pada Tes Awal................ 53
Tabel 4.4 Statistik Hasil Tes Siswa Pada
Siklus I.................................................... 53
Tabel 4.5 Distribusi dan Frekuensi Nilai tes siklus I................................................ 54
Tabel
4.6 Frekuensi dan Presentase Ketuntasan
Belajar Pada Siklus I.................... 55
Tabel
4.7 Statistik Hasil Tes Siswa Pada Siklus
II.................................................. 56
Tabel
4.8 Distribusi Frekuensi Dan Presentase
Nilai Tes Siklus II.......................... 57
Tabel
4.9 Frekuensi dan Presentase Ketuntasan Belajar Pada Siklus II.................. 57
Tabel
4.10 Standar Kategori Kelulusan Hasil Belajar Siswa................................... 61
Tabel
4.11 Perbandingan Nilai Statistika Pada Tes Awal, Siklus I dan II.............. 65
Tabel
4.12 Perbandingan
Kategori Hasil Belajar Pada Tes Awal, Siklus I dan II... 66
Tabel
4.13 Perbandingan Ketuntasan Pada Tes Awal, Siklus I dan II.................... 67
Tabel
4.14 Aktivitas Belajar Siswa Yang Relevan.................................................. 68
Tabel
4.15 Aktivitas Belajar Siswa Yang Tidak Relevan........................................ 68
DAFTAR
GRAFIK
Grafik Halaman
Gambar 4.1
Grafik Perbandingan Nilai Statistik Tes Awal, Siklus I dan Siklus II. 65
Gambar
4.2 Grafik Perbandingan Kategori Hasil Belajar Tes Awal, Siklus I dan Siklus II 66
Gambar
4.3 Grafik Perbandingan Kategori Ketuntasan Hasil Belajar Tes Awal, Siklus I
dan Siklus II 67
Gambar
4.4 Grafik Aktivitas Siswa Yang Relevan................................................. 69
Gambar
4.5 Grafik Aktivitas Siswa Yang Tidak Relevan....................................... 70
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran
Lampiran 1 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Lampiran 2. Lembar Observasi Aktivitas Siswa
Lampiran 3. Lembar Kerja Siswa
Lampiran 4. Naska Tes Siklus I dan II
Lampiran 5. Kunci Jawaban LKS
Lampiran 6.Daftar Hadir Siswa
Lampiran 7. Data Hasil Tes Awal, Siklus I dan II
Lampiran 8. Analisis Ketuntasan Belajar Siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar